September 15, 2014

LOOPBACK INTERFACE

11:47 AM Posted by Cipta Nugraha Damanik No comments

Loopback Interface
Merupakan interface logic bukan fisik, jadi loopback tidak memiliki kabel fisik yang terhubung ke router atau switch tersebut, semua fitur tersebut kembali ke konsep dasar yang menyatakan:

"If the loopback on a router is down, that means the router is unavaliable as a whole."

Sedangkan interface fisikal dapat mati atau mengalami down ketika terjadi kesalahan pengkabelan, misal di dalam router terdapat 5 interface fisik maka bisa jadi salah satu port fisik mengalami down sedangkan 4 port fisik lainya berjalan normal.

Disamping itu terdapat fungsi lain dari loopback interface yaitu sebagai Router ID pada BGP dan OSPF, dimana loopback interface akan mengalami down jika router tersebut mati, jadi bisa dikatakan loopback interface merupakan interface paling stabil.

Namun terdapat beberapa kesalah pahaman, karena sebagian orang begitu familar dengan
ip loopback yang terdapat pada PC, jadi mereka menganggap bahwa ip loopback pada router atau switch berada pada kisaran ip 127.0.0.0.

Kenyataanya tidak demikian, jika kita coba memberikan ip address dengan range ip 127.0.0.0 pada router atau switch maka kita akan mendapatkan pesan error, ini dikarenakan 127.0.0.0 dikhususkan hanya untuk alamat host loopback seperti PC bukan router ataupun switch.

0 comments:

Post a Comment